SMK Kesehatan Airlangga

Jl.S. Parman (Gn.Guntur) No.14 Balikpapan Telp : (0542) 415285

Truly Health Vocational School

Peringatan Hari Bumi 22 April 2019, Ayo Cintai Bumi dengan Jaga Lingkungan Sekitar Kita

Selasa, 23 April 2019 ~ Oleh SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan ~ Dilihat 14 Kali

Setiap tanggal 22 April, dunia merayakan Hari Bumi. Ini adalah acara tahunan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap Bumi, terutama  meningkatkan kesadaran publik akan lingkungan. Hari Bumi pertama kali dicanangkan oleh pengajar lingkungan Amerika Serikat Gaylord Nelson pada 1970. Seiring berjalannya waktu, Hari Bumi mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk pembentukan Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan berkontribusi pada pengesahan UU Udara Bersih, UU Peningkatan Kualitas Air, UU Spesies Terancam Punah dan beberapa undang-undang lingkungan lainnya.

Pada 1990, Hari Bumi dijadikan acara global dengan lebih dari 200 juta orang dari 141 negara terlibat di dalamnya. Kemudian pada 2000, Hari Bumi diikuti oleh 5.000 kelompok lingkungan dari 184 negara. Hayes mengorganisir kampanye yang berfokus pada pemanasan global dan energi bersih. "Para pemimpin dunia di Kyoto, Jepang, pada akhir 1997, mengakui fakta ilmiah bahwa penyebab utama pemanasan global adalah emisi karbon dari konsumsi bahan bakar fosil, dan bahwa sesuatu harus dilakukan untuk mengatasi peningkatan emisi itu," kata Hayes kepada National Geographic. Kemudian saat peringatan Hari Bumi ke-40, ada 225.000 orang berkumpul di National Mall untuk mengikuti rapat umum yang membahas iklim. EDN meluncurkan kampanye menanam 1 miliar pohon yang tercapai pada 2012. Hari ini, lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia telah berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi Internasional.


Nathaniel Weston, profesor ilmu lingkungan dari Universitas Villanova berkata ada dua cara sederhana yang bisa kita lakukan. Pertama, mengajak orang lain untuk lebih memahami masalah lingkungan. Hal ini akan membuat lebih banyak orang sadar dan diharapkan mau ikut melakukan tindakan nyata untuk melindungi lingkungan. Kedua, berkomitmen pada diri sendiri untuk "melayani" Bumi. Hal ini bisa dilakukan dengan tindakan sederhana seperti menanam pohon, membersihkan sungai, mematikan peralatan elektronik saat tidak butuh, menggunakan produk perawatan dari bahan alami, mematikan lampu saat siang hari untuk menghemat energi, dan mulai kurangi sampah plastik. Hal yang perlu kita ingat, "melayani" Bumi tidak hanya dilakukan hari ini saja. Kita bisa menjadikan aktivitas ini sebagai rutinitas sehari-hari demi kehidupan masa depan.

Ayo mulai dari diri kita sendiri dengan melakukan hal-hal kecil untuk menjaga agar bumi kita tetap lestari. Misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, menggunakan produk ramah lingkungan, menghemat pemakaian energi, dan tidak boros dalam pemakaian air, dan lain-lain. Sayangi dan rawat bumi, karena bumi adalah planet dimana kita tinggal dan satu-satunya planet yang dianugerahi kehidupan untuk manusia.

(sumber: https://sains.kompas.com/read/2019/04/22/115632523/selamat-hari-bumi-bermula-dari-peristiwa-1969-hingga-dirayakan-dunia?page=2 dengan penambahan)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Firmansyah, S.Pd.

Alhamdulillahi Rabbil 'alamiin Segala Puji bagi Allah seru sekalian alam, Sholawat atas junjungan Nabi Muhammad SAW suri tauladan terbaik sepanjang…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini membantu anda mengenal lebih jauh tentang SMK Kesehatan Airlangga?

LIHAT HASIL