SMK Kesehatan Airlangga

Jl.S. Parman (Gn.Guntur) No.14 Balikpapan Telp : (0542) 415285

Truly Health Vocational School

Apel Pagi dan Refleksi Sejarah dalam Rangka Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019

Selasa, 08 Oktober 2019 ~ Oleh SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan ~ Dilihat 49 Kali

SMK Airlangga, SMK Kesehatan Airlangga, dan SMP Plus Airlangga memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati tiap tanggal 1 Oktober dengan cara berkumpul bersama untuk apel pagi sekaligus refleksi peristiwa sejarah yang penting bagi penegakkan kedaulatan ideologi Negara Indonesia. Bapak Firmansyah, S.Pd. selaku kepala SMK Kesehatan Airlangga menyampaikan sambutan untuk memperingati sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober. Sebagaimana diketahui publik secara umum, bahwa di masa lalu terdapat peristiwa penting bagi sejarah Indonesia yang cukup kelam, yaitu gugurnya beberapa jenderal perwira TNI yang ditengarai menjadi korban dari konflik ideologi yang sempat menggeluti bangsa ini. Peristiwa tersebut dikenal luas dengan sebutan peristiwa G30S atau Gerakan 30 September. Pada keesokan harinya, yaitu 1 Oktober, pemerintah menetapkannya sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang berdasar pada penegakkan Pancasila sebagai ideologi negara yang wajib diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia.

Pancasila merupakan ideologi yang sudah disepakati oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia dan telah melalui proses yang panjang hingga akhirnya ditetapkan sebagai ideologi Nasional. Dalam perjalanannya, pancasila memang mengalami berbagai macam pergolakan karena proses berkembangnya suatu bangsa tidak lepas dari konflik yang berasal dari dalam negeri maupun tekanan dari pihak luar seperti masuknya unsur-unsur asing yang dapat mengancam tegaknya pancasila. Kegiatan apel pagi ini sekaligus pengingat bagi para siswa-siswi di kampus Airlangga Group Gn. Guntur agar memahami bahwa terdapat perjuangan keras dari para pahlawan untuk menegakkan ideologi yang tepat bagi Indonesia ini. Pentingnya ideologi sebagai alat untuk menjalankan kehidupan bermasyarakat di negeri ini ternyata menelan korban jiwa yang tidak sedikit pula. Kini tugas dari generasi masa kini adalah tetap menjaga dan mengamalkan isi dan sila yang ada pada pancasila secara utuh untuk pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Agenda apel pagi dan refleksi sejarah Hari Kesaktian Pancasila ini ditutup dengan do`a bersama untuk para pejuang yang telah gugur mempertahankan ideologi pancasila agar tetap tegak dan para pahlawan yang telah berjuang demi negeri Indonesia tercinta ini agar tetap dapat hidup dengan nyaman dan tenteram.

Lihat galeri foto apel pagi Hari Kesaktian Pancasila.

(orsnews / AKS)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Firmansyah, S.Pd.

Alhamdulillahi Rabbil 'alamiin Segala Puji bagi Allah seru sekalian alam, Sholawat atas junjungan Nabi Muhammad SAW suri tauladan terbaik sepanjang…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini membantu anda mengenal lebih jauh tentang SMK Kesehatan Airlangga?

LIHAT HASIL