SMK Kesehatan Airlangga

Jl.S. Parman (Gn.Guntur) No.14 Balikpapan Telp : (0542) 415285

Truly Health Vocational School

Galeri Foto Produk Hasil Kewirausahaan Siswa-siswi Kelas XI dan XII SMK Kesehatan Airlangga

Rabu, 11 Desember 2019 ~ Oleh SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan ~ Dilihat 261 Kali

Di akhir semester ganjil tahun ajaran kali ini, para siswa-siswi SMK Kesehatan Airlangga diwajibkan untuk menyelesaikan seluruh tugas pada tiap mata pelajaran yang ditempuh. Pada siswa-siswi Skakes yang menginjak semester 3 ke atas atau pada kelas XI dan XII maka terdapat salah satu mata pelajaran yang bersifat menghasilkan produk atau karya yaitu mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Mata pelajaran tersebut mensyaratkan agar tiap kompetensi keahlian yang ada di SMK harus punya inisiatif dan kreatifitas menghasilkan produk unggulan.

Beberapa siswa-siswi punya antusias yang tinggi dalam mendalami ilmu kewirausahaan yang mana dapat menjadi bekal bagi mereka selepas lulus dalam menentukan jalan hidupnya agar tidak selalu menunggu untuk bekerja pada perusahaan milik orang lain. Kalau bisa, para lulusan SMK ini juga berperan untuk menciptakan lapangan kerja baru untuk mengurangi pengangguran dan menciptakan inovasi-inovasi dalam bidang pembangunan negara. Mata pelajaran PKK ini diampu oleh guru yang terampil di bidangnya, yaitu Bapak Arief Fadhilah, S.Pd. yang dahulu merupakan alumni SMK di bidang penjualan dan berpengalaman bertahun-tahun dalam berwirausaha, serta guru produktif masing-masing kejuruan yang membantu mengarahkan produk yang sesuai.

Di akhir semester ini, para siswa harus mengumpulkan tugas akhir untuk mapel PKK berupa proposal pengajuan usaha serta produk. Para siswa menghasilkan berbagai produk yang unik, dengan bahan yang sederhana namun berhasil disulap menjadi produk bermanfaat. Beberapa contoh produk yang dihasilkan siswa adalah sandwich sehat dari Joda Food (XI Keperawatan 2), kripik buah naga dari kelompok Dehiwarnanil (XI Keperawatan 2). Beberapa produk inovatif lainnya ada hand sanitizer atau cairan pembersih tangan yang berasal dari lidah buaya karya salah satu kelompok dari kelas XI Keperawatan 1. Terdapat juga produk sabun buatan rumahan yang diproduksi oleh siswa dengan bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan. Terdapat jamu herbal pula serta produk terapan wash bath yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran dari badan pasien. Beberapa produk tersebut kini dipajang di lemari display yang ada di ruang guru sehingga dapat dilihat oleh banyak orang, misalkan dari yayasan Airlangga atau tamu-tamu dari luar yang berkunjung ke SMK Kesehatan Airlangga.

Berbagai produk yang dihasilkan oleh para siswa tersebut rencananya tidak berhenti hanya sebagai karya tugas akhir dari mata pelajaran PKK. Lebih dari itu, pihak sekolah juga sudah merancang program jangka panjang untuk menciptakan rumah produksi untuk industri skala kecil maupun menengah produk unggulan yang dapat langsung diaplikasikan untuk masyarakat. Salah satu diantaranya adalah sudah diperolehnya ijin Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Pemerintah Kota Balikpapan. Dengan adanya PIRT tersebut, menjadi landasan bagi SMK Kesehatan Airlangga untuk terus melebarkan sayap membuat produk unggulan yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat luas. Semoga produk-produk unggulan siswa dapat terus berkembang ke depannya.

Lihat galeri foto produk kewirausahaan siswa.

SMK Kesehatan Airlangga, Truly Health Vocational School.

(orsnews / AKS)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Firmansyah, S.Pd.

Alhamdulillahi Rabbil 'alamiin Segala Puji bagi Allah seru sekalian alam, Sholawat atas junjungan Nabi Muhammad SAW suri tauladan terbaik sepanjang…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini membantu anda mengenal lebih jauh tentang SMK Kesehatan Airlangga?

LIHAT HASIL