SMK Kesehatan Airlangga

Jl.S. Parman (Gn.Guntur) No.14 Balikpapan Telp : (0542) 415285

Truly Health Vocational School

Praktikum Mengidentifikasi Jamur pada Mata Pelajaran Biologi Semester Genap

Rabu, 15 Januari 2020 ~ Oleh SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan ~ Dilihat 170 Kali

Pada pekan kedua semester genap tahun ajaran 2019-2020, mata pelajaran biologi memasuki bab tentang jamur-jamuran (fungi). Setelah pada pekan pertama terdapat materi pengenalan mengenai dunia jamur beserta ciri-ciri dan interaksinya dengan makhluk hidup lain, maka pada pekan berikutnya, para siswa diberikan kesempatan untuk meneliti dan melihat dengan jelas bentuk jamur melalui praktikum identifikasi jamur. Pada praktikum mengidentifikasi jamur ini, para siswa diharuskan membawa bahan yaitu segala jenis jamur yang dapat diperoleh di rumah maupun didapatkan dari hasil membeli di toko. Segala jenis jamur dapat dibawa untuk dipelajari berbagai macam karakternya yang dapat membedakan antara suatu jenis ke jenis yang lain.

Pada pembelajaran praktikum mengidentifikasi jamur ini para siswa nampak antusias yang terbukti dari beragamnya jenis jamur yang dibawa oleh mereka, mulai dari jamur yang ditemukan di tanah, bekas pohon yang telah tumbang, hingga membeli di supermarket untuk jamur yang dapat dikonsumsi. Berbagai jamur yang telah dibawa tersebut kemudian diamati dengan seksama untuk dikelompokkan menurut jenisnya. Alat bantu yang digunakan untuk mengidentifikasi jamur tersebut adalah menggunakan media smartphone dan internet yang pada masa kini banyak membantu para siswa dalam memahami materi pelajaran. Para siswa yang melakukan praktikum dibimbing dengan sabar oleh guru mata pelajaran biologi yaitu Bapak Aldino Kamaruddin Santoso, S.Si. Pak Aldino mengarahkan tiap siswa untuk mencoba memasukkan kata kunci (keyword) nama lokal jamur yang ditemukan untuk menemukan ciri-ciri dan nama ilmiahnya di browser masing-masing smartphone siswa. Setiap siswa pun berusaha untuk mencocokkan jamur yang telah ditemukan dengan literatur yang ada di internet.

Seusai melakukan praktikum penelitian, para siswa pun diarahkan untuk membuat laporan yang berisi hasil identifikasi jamur yang ditemukan. Laporan dikumpulkan dalam bentuk dokumen dan soft file dan dikirim ke e-mail Bapak Aldino. Tujuan dari pembuatan laporan tersebut adalah membiasakan para siswa untuk membuat dokumen setelah melakukan kegiatan yang nantinya dapat berguna ketika terjun di dunia kerja dan membiasakan para siswa untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan efektif.

Lihat galeri foto praktikum penelitian jamur.

SMK Kesehatan Airlangga, Truly Health Vocational School.

(orsnews / AKS)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Firmansyah, S.Pd.

Alhamdulillahi Rabbil 'alamiin Segala Puji bagi Allah seru sekalian alam, Sholawat atas junjungan Nabi Muhammad SAW suri tauladan terbaik sepanjang…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini membantu anda mengenal lebih jauh tentang SMK Kesehatan Airlangga?

LIHAT HASIL