SMK Kesehatan Airlangga

Jl.S. Parman (Gn.Guntur) No.14 Balikpapan Telp : (0542) 415285

Truly Health Vocational School

Video Edukasi Kampanye Cuci Tangan yang Benar dari Siswa-siswi Keperawatan

Rabu, 22 April 2020 ~ Oleh SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan ~ Dilihat 161 Kali

Kurang lebih 1 bulan para siswa-siswi di seluruh Indonesia dan seluruh dunia yang terjangkit pandemi Covid-19 diliburkan kegiatan belajarnya di sekolah. Namun, kegiatan pembelajaran tidak berhenti begitu saja. Tetap ada kegiatan pengganti belajar di sekolah yang dapat dilakukan oleh masing-masing siswa di rumahnya masing-masing. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh para siswa di era smartphone saat ini adalah pembuatan video edukasi untuk mengkampanyekan suatu hal positif.

Dalam hal ini, para siswa-siswi SMK Kesehatan Airlangga jurusan keperawatan membuat video edukasi 6 langkah cuci tangan yang benar menurut World Health Organization (WHO). Mereka diberi tugas oleh kepala kompetensi keahlian keperawatan Ibu Ns. Santi Ariyani, S.Kep. untuk membuat video kampanye cuci tangan yang benar dan diunggah di akun sosial media instagram masing-masing. Mereka juga diharuskan menyebutkan adik kelas di SMP masing-masing sebagai upaya penyebarluasan informasi serta media promosi sekolah. Hasil karya video edukasi cuci tangan para siswa-siswi keperawatan kelas X dan XI dapat dilihat di akun instagram SMK Kesehatan Airlangga di bagian tagged videos yaitu di link https://www.instagram.com/smkkesehatanairlanggabpp/tagged/.

Cuci tangan yang benar dan direkomendasikan oleh WHO adalah sebagai berikut:

1. Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan.

2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.

3. Gosok telapak tangan dan sela-sela jari.

4. Punggung jari tangan kanan digosokkan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci.

5. Ibu jari tangan kiri digosok berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.

6. Gosok berputar ujung jari tangan kanan di telapak taangan kiri dan sebaliknya.

Para siswa-siswi keperawatan dinilai sangat kreatif dalam membuat video dan karya-karya mereka dinilai dapat mengedukasi lingkungan sekitarnya untuk lebih peduli dengan menjaga kebersihan diri terutama di masa pandemi penyakit seperti ini. Cuci tangan yang benar dinilai dapat mengurangi penyebaran virus SARS-Cov.2 dengan lebih efisien. Untuk itu, para siswa ini mengajak masyarakat untuk peduli dengan kesehatan masing-masing dan menjalankan langkah cuci tangan yang benar agar terhindar dari penyakit yang berasal dari bakteri maupun virus yang banyak menempel di tangan.

Terima kasih untuk para siswa-siswi yang sudah mengerjakan tugas pembuatan video langkah cuci tangan yang benar ini dengan baik dan mengkampanyekan cuci tangan yang benar demi kesehatan masyarakat Indonesia. Tetap jaga kesehatan dan terapkan instruksi pemerintah agar tetap stay at home untuk mengurangi penyebaran virus. Kita yakin bisa melalui musibah ini dengan mengambil banyak hikmah.

SMK Kesehatan Airlangga, Truly Health Vocational School.

Sumber: WHO

(orsnews / AKS)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Firmansyah, S.Pd.

Alhamdulillahi Rabbil 'alamiin Segala Puji bagi Allah seru sekalian alam, Sholawat atas junjungan Nabi Muhammad SAW suri tauladan terbaik sepanjang…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini membantu anda mengenal lebih jauh tentang SMK Kesehatan Airlangga?

LIHAT HASIL

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'imagick' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: