SMK Kesehatan Airlangga

Jl.S. Parman (Gn.Guntur) No.14 Balikpapan Telp : (0542) 415285

Truly Health Vocational School

Senam Peregangan Pagi untuk Melemaskan Otot Agar Produktifitas Kerja Meningkat

Rabu, 30 September 2020 ~ Oleh SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan ~ Dilihat 127 Kali

Kampus Airlangga Gn. Guntur (SMK Airlangga, SMK Kesehatan Airlangga, SMP Plus Airlangga Balikpapan) melaksanakan kegiatan apel pagi yang sudah terlaksana mulai beberapa waktu yang lalu. Bersamaan dengan apel pagi tersebut, para bapak dan ibu guru serta karyawan mengikuti kegiatan senam peregangan ringan sebelum memulai aktifitas bekerja di ruangan masing-masing. Kegiatan senam peregangan tersebut dipimpin oleh instruktur yang juga merupakan guru olahraga Airlangga, yaitu Ibu Putri Widya Astiti, S.Pd. yang sudah terlatih memperagakan berbagai gerakan untuk melemaskan otot tubuh.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 10 menit setiap harinya ini bertujuan untuk memberikan aktifitas fisik ringan kepada seluruh bapak dan ibu guru serta karyawan dalam rangka mengikuti anjuran gaya hidup sehat. Di tengah padatnya aktifitas mengajar secara daring maupun tugas-tugas lainnya, tubuh juga merasa lelah yang sering ditandai dengan kakunya otot bahu, lengan, maupun kaki. Untuk itu, senam ringan ini dianggap sebagai solusi untuk mengimbangi aktifitas pekerjaan kantor yang membuat lelah. Kegiatan senam peregangan ini biasa dimulai dari melenturkan otot leher dengan kegiatan menundukkan kepala dan arah sebaliknya, lalu menoleh ke kanan dan ke kiri, serta menekuk ke kanan maupun kiri. Dilanjutkan dengan peregangan otot tangan ke arah kanan dan kiri, lalu kaki. Di akhir senam peregangan terdapat gerakan aktif yang lebih membuat tubuh bergerak dan otot menjadi tidak kaku.

Kegiatan aktifitas fisik ringan dalam sehari-hari memang dianjurkan oleh praktisi kesehatan karena banyak manfaat yang didapatkan. Selain melemaskan otot yang kaku di sela-sela kesibukan harian, aktifitas tersebut juga dapat menjadi relaksasi pikiran dan jiwa sehingga tingkat stress menjadi berkurang yang digantikan dengan semangat positif yang mengisi tubuh hingga dapat menunjang peningkatan produktifitas dalam pekerjaan. Maka dari itu, kegiatan rutin tersebut dapat dilakukan pula oleh seluruh siswa-siswi Airlangga ketika merasa jenuh belajar secara daring maupun mengerjakan tugas. Harapannya agar tetap menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem imun tubuh di tengah kondisi pandemi yang menuntut fisik agar tidak kendor dan melemah.

Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kebugaran untuk menunjang aktifitas harian dalam bekerja, beribadah, dan belajar. Aamiin yaa Rabbal alamiin. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan melaksanakan himbauan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Lihat galeri foto senam peregangan guru dan karyawan Airlangga.

SMK Kesehatan Airlangga, Truly Health Vocational School.

(orsnews / AKS)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Firmansyah, S.Pd.

Alhamdulillahi Rabbil 'alamiin Segala Puji bagi Allah seru sekalian alam, Sholawat atas junjungan Nabi Muhammad SAW suri tauladan terbaik sepanjang…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini membantu anda mengenal lebih jauh tentang SMK Kesehatan Airlangga?

LIHAT HASIL